Jumat, 27 Juni 2014

JENIS VARIABEL & JENIS DATA







JENIS-JENIS VARIABEL

Memory Variabel

     Memory Variabel adalah jenis variabel yang didefenisikan oleh pemakai sistem  yang dipakai untuk menampung nila daa yang ada di memory.

   
Field Variabel

     Field Variabel adalah jenis variabel yang dipakai untuk nilai data yang ada pada file (file database)

System Variabel

     System Variabel adalah jenis memory variabel yang dipakai untuk sistem menentukan tampilan laporan yang didefinisikan oleh sistem. Ciri dari sistem variabel yaitu setiao nama variabelnya diawali dengan karakter garis bawah.

Data & Memory

     Pada sistem dBase IV, data dikelompokkan atas jenis data dan fungsinya jenis data tersebut mencakup data logika, tanggal, angka, karakter, dan catatan (memo). Sedangkan menurut fungsinya, data dikelompokkan menjadi data memory dan database. Data memory mencakup data memory yang dibentuk pemakai dan sistem. Dan database mencakup file untuk menyimpan data serta pengatur bentuk (format) penampilannya.


JENIS-JENIS DATA

Character

     Charater yaitu data unutk angka, bilangan, dan karakter khusus yang memiliki panjang tertentu serta tidak dapat digunakan untuk perhitungan matematika secara langsung. Data jenis ini dibatasi oleh tanda petik, (??atau??) atatu kurung ([dan]). Pada sistem dBaseIV panjang data jenis ini maksimal 254 karakter.

Numeric

     Numeric yaitu data berbentuk angka serta notasi +, dan (titik desimal) yang berguna untuk suatu nilai yang nantinya dapat digunakan untuk kalkulasi.

Float

    Float seperti Numeric. Bedanya hanya pada cara sistem menyimpannya. Data jenis Float berguna untuk perhitungan angka eksakta(teknik). Pada sistem dBaseIV, panjang data jenis ini maksimal 10 digit termasuk tanda desimal dan angka desimalnya

Date

     Date jenis data ini, sistem akan menguji setiap pemasukan nilainya agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku seperti nilai bulan harus diantara 1 hingga 12. Pada sistem dBaseIV, data jenis ini hanya memerlukan memory sebesar 8 byte saja.

Memo

     Memo jenis data ini bentuk karakter yang digunakan untuk catatan ataupun keterangan suatu field. Pada sistem dBase, data jenis ini hanya memerlukan memory sebesar 8 byte saja yaitu unutk petunjuk lokasi data isi memo pada file memo.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda