Senin, 20 April 2015

JENIS-JENIS CATATAN KAKI




DEFINISI CATATAN KAKI

      Catatan kaki adalah keterangan yang dicantumkan pada garis bawah (bagian bawah) pada halaman buku. Catatan kaki biasanya dicetak dengan huruf lebih kecil daripada huruf di dalam teks guna menambahkan rujukan uraian di dalam naskah pokok. Catatan kaki untuk menulis artikel atau
makalah maka cantumkan nama pengarang, judul buku, tahun penerbitan atau catatan kaki untuk artikel yang diambil dari internet, cantumkan nama pengarang, judul artikel, tuliskan online (dalam kurung) diikuti alamat situsnya.


FUNGSI CATATAN KAKI

     Fungsi dari catatan kaki adalah memberikan penghargaan terhadap sumber yang dikutip dan aspek ligalitas untuk izin penggunaan karya tulis yang dikutip, serta yang terpenting adalah etika akademik dalam masyarakat ilmiah sebagai wujud kejujuran penulis dan untuk mencantumkan sumber tulisan sebagai pemenuhan kode etik yang berlaku, sebagai penghargaan terhadap karya orang lain.


JENIS-JENIS CATATAN KAKI

     Catatan kaki untuk buku dimulai dengan nama pengarang diikuti koma, judul buku (ditulis dengan huruf awal kapital dan dicetak tebal atau dicetak miring), nomor seri, jilid dan nomor cetakan (kalau ada), kota penerbit (diikuti titik dua), nama penerbit (diikuti koma), dan tahun penerbitan (ditulis dalam kurung dan diakhiri dengan titik). Catatan kaki untuk artikel dan majalah dimulai dengan nama pengarang, judul artikel, nama majalah, nomor majalah jika ada, tanggal penerbitan, dan nomor halaman. Jika dari sumber yang sama dikutip lagi, contohnya :

(A) Ibid. (Singkatan dari Ibidum, artinya sama dengan di atas), untuk catatan kaki yang sumbernya sama dengan catatan kaki yang tepat di atasnya. Ditulis dengan huruf besar, digarisbawahi, diikuti titik (.) dan koma (,) lalu nomor halaman.

(B) op.cit. (Singkatan dari opere citato, artinya dalam karya yang telah dikutip), dipergunakan untuk catatan kaki dari sumber yang pernah dikutip, tetapi telah disisipi catatan kaki lain dari sumber lain. Urutannya : nama pengarang, op.cit nomor halaman.

(C) loc.cit. (Singkatan dari. loco citato, artinya tempat yang telah dikutip), seperti di atas tetapi dari halaman yang sama : nama pengarang loc.cit (tanpa nomor halaman).
Catatan kaki langsung Catatan kaki dapat ditempatkan langsung di belakang bagian yang diberi keterangan ( catatan kaki langsung) dan diteruskan dengan teks.

Contoh :
Peranan dan tugas kaum pria berbeda dengan dan peranan tugas kaum wanita. Sehubungan dengan, hal itu, Margaret Mead (1935) berdasarkan penelitiannya di beberapa masyarakat di Papua Nuguini, menyatakan bahwa perbedaan itu tidak semata-mata berdasarkan perbedaan jenis kelamin saja, melainkan berhubungan erat dengan kondisi sosial-budaya lingkungannya.
1 Margaret Mead, Sex and Temperament in Three Primitive Societies (New York : The American Library, 1950), pp.

CARA PENGGUNAAN CATATAN KAKI

1) Catatan kaki harus dipisahkan oleh sebuah garis yang panjangnya empat belas karakter dari margin kiri dan berjarak empat spasi dari teks.

2) Catatan kaki diketik berspasi satu.

3) Diberi nomor.

4) Nomor catatan kaki diketik dengan jarak enam karakter dari margin kiri.

5) Jika catatan kakinya lebih dari satu baris maka baris kedua dan selanjutnya dimulai seperti margin
teks biasa (tepat pada margin kiri).

6) Jika catatan kakinya lebih dari satu maka jarak antara satu catatan dengan catatan yang lainnya
adalah sama dengan jarak spasi teks.

7) Jarak baris terakhir catatan kaki tetap 3 cm dari pinggir kertas bagian bawah.

8) Keterangan yang panjang tidak boleh dilangkaukan ke halaman berikutnya. Lebih baik potong
tulisan asli daripada memotong catatan kaki.

9) Jika keterangan yang sama menjadi berurutan (misalnya keterangan nomor 2 sama dengan nomor
3, cukup tuliskan kata ibid daripada mengulang-ulang keterangan catatan kaki.

10) Jika ada keterangan yang sama tapi tidak berurutan, berikan keteranganop.cit., lih [x] [x]
merupakan nomor keterangan sebelumnya.

11) Jika keterangan seperti opcit tetapi isinya keterangan tentang artikel, gunakan loc.cit.

12) Untuk keterangan mengenai referensi artikel atau buku tertentu, penulisannya mirip daftar
pustaka, tetapi nama pengarang tidak dibalik.

13) Sumber yang lengkap tercantum di dalam daftar kepustakaan. Untuk skripsi/teks sumber
dinyatakan dalam bentuk catatan kaki. 


Sumber :
id.wikipedia.org/wiki/Catatan_kaki
sentra-edukasi.com/2009/11/definisi-contoh-membuat-catatan-kaki.html
 

1 Komentar:

Pada 17 Oktober 2016 pukul 01.28 , Blogger ukhty aida mengatakan...

referensi jenis jenis catatan kaki yang ada publikasikan ini diambil dari mana? coz ibid, loc.cit nd op.cit itu singkatan pada catatan kaki. jika, sekiranya saya yng salah, berikan saya link nya bahwa tulisan anda benar. terima kasih

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda