Jumat, 18 Maret 2016

Berlibur di Daerah Istimewa Yogyakarta

Tugas kali ini saya akan menceritakan liburan saya dan teman-teman kuliah di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Perkenalkan nama saya Ronny Roberto Hot Iman akan menceritakan tentang liburan saya bersama teman- teman kuliah saya. Pada suatu hari saya dan teman-teman saya berkumpul di salah satu tempat makan dekat daerah kampus untuk membicarakan tentang rencana liburan kami di kota Yogyakarta.
Kami membicarakan mulai dari persiapan tanggal berangkat dan tanggal kembali lagi, kendaraan apa yang kami akan digunakan untuk menuju ke kota Yogyakarta, mencari tahu jalur-jalur mana saja yang akan dilewati untuk mencapai kota Yogyakarta, dan pastinya barang-barang apa saja yang akan kami bawa. Setelah kami sudah membicarakan semuanya itu kami pulang ke rumah kami masing-masing.

Pada keesokan harinya setelah kami selesai jam kuliah kami berkumpul kembali untuk membicarakan dan memastikan siapa-siapa saja yang akan ikut berlibur di kota, menentukan tanggal berangkat dan kembali lagi, dan salah satu teman menawarkan mobilnya untuk digunakan menjadi kendaraan untuk menuju ke kota Yogyakarta, tentunya kami juga membicarakan siapa yang bisa membawa kendaraan mobil teman saya dan mempunyai SIM A pastinya. Tak lama kemudian saya langsung menawarkan diri untuk menjadi supir kendaraan mobil teman saya, tetapi saya juga bilang ke teman-teman lainnya untuk mencari supir cadangan untuk berjaga-jaga, jika di dalam perjalanan sewaktu-waktu saya lelah dan bisa langsung digantikan.  Setelah itu teman-teman saya langsung mencari supir cadangannya dan akhirnya setelah beberapa jam berlalu salah satu teman saya mendapat pesan dari temannya bisa menjadi supir cadangannya untuk ikut berlibur ke kota Yogyakarta. Selain itu kami juga membicarakan untuk  tempat pertemuan kami nantinya sebelum berangkat ke Yogyakarta. Setelah semuanya telah selesai dibicarakan kami pulang ke rumah masing-masing dan tinggal hanya menunggu hari keberangkatannya saja.

Setelah seminggu waktu berlalu yang telah di tunggu-tunggu akhirnya tiba. Kami saling mengabarkan tentang persiapan kami ikut berlibur di kota Yogyakarta melalui group chat yang ada di handphone kami masing-masing. Sesudah kami saling mengkabari, kami menjadwalkan untuk berangkat pada malam harinya menuju kota Yogyakarta. Pada waktu sore harinya saya bersiap-siap untuk menuju ke tempat pertemuan kami sebelum berangkat ke kota Yogyakarta. Setelah saya dan teman-teman telah berkumpul di tempat pertamuan yang telah ditentukan ini kami semuanya bersiap menuju ke kota Yogyakarta, tentunya sebelum berangkat kami berdoa menurut agama/kepercayaan kami masing-masing. Setelah kami semuanya sudah selesai berdoa kami langsung berkemas barang-barang kami untuk ditata rapih di dalam mobil agar nantinya di dalam perjalanan kami tidak berdesak-desakkan dan pastinya nyaman.

Akhirnya setelah semuanya telah selesai mengemasi barang-barang kami siap berangkat menuju ke kota Yogyakarta dan untuk rute berangkat supir cadangan (jam terbang signifikan) yang akan membawa mobil menuju daerah Purworejo yang nantinya akan saya gantikan di daerah tersebut. Di dalam perjalanan kami menggunakan Google Maps untuk menuju kota Yogyakarta dan diperkirakan untuk sampai di kota Yogyakakarta harus ditempuh kurang lebih 10 jam. Untuk menuju ke kota Yogyakarta pertama-tama perjalanan kami melalui jalan tol cukup panjang yaitu melalui tol Cikampek, Cikopo-Palimanan, Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan. Setelah kami sudah melalui jalan tol itu semua sekitar jam 2 pagi kami beristirahat sejenak untuk melepaskan dahaga tentunya. Setelah kami selesai beristirahat kami melanjutkan perjalanan kami menuju kota Yogyakarta dan di dalam perjalanan di daerah Tegal-Cilacap dan sekitarnya yang kami lewati banyak sekali jalan-jalan tidak merata dan sangatlah berbahaya bila membawa kendaraannya tidak dengan hati-hati. Beberapa jam pun waktu telah berlalu dan tidak terasa waktu sudah menujukkan setengah 5 pagi teman-teman yang lain akan menunaikan sholat subuh dan saya bersama teman saya yang non muslim menunggu di mobil saja. Setelah teman-teman yang lain telah selesai menunaikan ibadah sholat subuhnya kami melanjutkan kembali perjalanan kami ke kota Yogyakarta. Sesampainya di kota Purworejo waktunya saya untuk menggantikan supir cadangan dan selang 2 jam saya mengendarai mobil teman saya akhirnya kami tiba di kota Yogyakarta.

Setelah tiba di kota Yogyakarta kami fokus mencari alamat saudara teman saya untuk beristirahat sejenak, sebelum kami melanjutkan wisata kami di kota Yogyakarta. Setibanya dirumah saudara teman saya kami langsung disambut dengan ramah oleh tuan rumah. Pada sore harinya kami bersiap-siap untuk jalan-jalan di daerah Malioboro, Tugu Yogyakarta, dan Alun-Alun Kidul. Sesampainya di daerah Malioboro kami langsung berfoto-foto dan setelah selesai berfoto-foto kami langsung menuju ke Tugu Yogyakarta untuk melihat sepeti apa sih bentuk Tugu nya dan di sana kami juga sempatkan untuk berfoto-foto. Setelah itu langkah kami selanjutnya menuju Alun-Alun Kidul untuk melihat pemandangan pohon beringin yang sangat besar dan mempunyai mitos yang sangat menarik dan di sana pun kami berfoto-foto juga sambil mengisi perut yang kerocongan. Setelah kami selesai befoto-foto dan makan-makan di Alun-Alun Kidul kami memutuskan untuk kembali ke rumah saudara teman saya untuk beristirahat karena waktu menunjukkan sudah begitu larut malam .

Pada pagi harinya kami bangun dari tidur kami untuk bersiap-siap melanjutkan wisata kami di Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk hari pertama kami menjadwalkan menuju daerah air terjun Kedung Pendut dan pemandangan yang indah di daerah Kalibiru. Setibanya kami di daerah air terjun Kedung Pendut kami langsung berenang dan berfoto-foto. Setelah selesai berwisata dari air terjun Kedung Pendut kami langsung beranjak menuju wisata alam berikutnya yaitu yang bernama Kalibiru di sana kami melihat pemandangan perbukitan yang indah dan ada waduk terlihat dari atas bukit yang kami singgahi. Tak lupa kami mengabadikan foto-foto kami di wisata alam Kalibiru. Setelah kami selesai menikmati pemandangan perbukitan yang indah di Kalibiri kami memutuskan untuk kembali ke rumah saudara teman saya untuk beristirahat.

Pada pagi harinya kami bangun dari tidur kami untuk bersiap-siap melanjutkan wisata kami  Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk hari kedua kami menjadwalkan menuju daerah wisata mata air Umbul Manten dan Umbul Ponggok. Setibanya kami di daerah wisata mata air Umbul Manten kami langsung berenang dan befoto-foto betapa indahnya mata air yang dikelilingi pepohonan yang rindang. Setelah selesai berwisata dari mata air Umbul Manten kami langsung bergegas menuju wisata berikutnya yaitu yang bernama Umbul Ponggok di sana kami juga berenang dan merasakan keindahan bawah laut, ya walaupun itu tidak terlalu yang sebenarnya dan kami tidak lupa merekam keindahannya. Seteleh selesai menikmati keindahan-keindahan yang ada di Umbul Manten dan Umbul Ponggok kami memutuskan untuk kembali ke rumah saudara teman saya untuk beristirahat.

Pada pagi harinya kami bangun dari tidur kami untuk bersiap-siap melanjutkan wisata kami Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk hari terakhir ini kami menjadwalkan hanya menuju daerah pantai selatan yang bernama pantai Siung. Setibanya kami di daerah wisata pantai Siung kami langsung berfoto dengan tebing-tebing yang besar-besar yang berada di sana dan begitupun suara deru ombak yang indah. Setelah kami selesai menikmati keindahan-keindahan yang ada di Pantai Siung kami memutuskan untuk kembali ke rumah teman saudara saya untuk beristirahat. Pada hari yang sama waktu malam kami memutuskan untuk pulang kembali ke Bekasi dan kami juga tidak lupa berterima kasih kepada saudara teman saya yang telah melayani kami  dengan baik selama berlibur di Kota Daerah Istemewa Yogyakarta.

Itulah cerita liburan saya dan teman-teman kuliah  di Daerah Istimewa Yogyakarta yang sangat berkesan dan tidak akan saya lupakan.